Minggu, 30 Desember 2012

Langkah-langkah menuju Kampus Madani

Minggu, 29 April 2012

Kampus yang dapat dikatakan sebagai kampus madani adalah kampus yang di dalamnya ada masyarakat yang hidup dengan nilai-nilai islam yang lurus. Masyarakat yang dimaksud adalah semua orang yang berada di dalam kampus baik mahasiswa, dosen, rektor, pelayan, dan sebagainya. Setelah masyarakatnya, kampus madani juga mampu mewujudkan pemerintahan kampus yang berdaulat (demokratis-aspiratif, kreatif dan berdaya) sesuai dengan nilai-nilai Islam.

A. Ada empat langkah dalam membangun kampus madani:

1. Mihwar Tanzimi
Membangun oraganisasi yang kuat, solid, sebagi kekuatan utama yang akan mengoperasikan dakwah (afiliasi). Ini merupakan bagian dasar dalam membangun kampus madani.

2. Mihwar Sya'bi
Membangun basis sosial yang luas dan merata sebagai kekuatan pendukung dakwah (partisipasi).

3. Mihwar Muassasi
Membangun berbagai institusi yang mewadahi pekerjaan-pekerjaan dakwah di seluruh sektor kehidupan dan segenap masyarakat (kontribusi). Pada tahap ini kerja dan usaha yang dilakukan akan semakin kompleks.

4. Mihwar Daulah
Akhirnya dakwah sampai pada institusi tertinggi untuk merealisasikan dakwah secara legal dan kuat.


Aplikasi dalam dakwah kampus: (1) Mihwar Tanzimi = kampus tahap persiapan; (2) Mihwar Sya'bi = tahap 1; (3) Mihwar Muassasi = tahap 2; (4) Mihwar Daulah = tahap 3.

B. Tahapan dakwah kampus

1. Kampus tahap persiapan, fokus aktivitas LDK-nya adalah kaderisasi anggota. Kampus tahap satu ini masi mempersiapkan anggotanya. Masih sangat sedikit kader yang ada di kampus pada tahapan ini.

2. Kampus tahap 1, fokus aktivitas LDK-nya merupakan Syiar Islam. Pada tahapan ini oraganisasi sudah bersifat legal formal.

3. Kampus tahap 2, fokus aktivitas LDK-nya adalah kehumasan atau membangun jaringan, syiasi dan kemasyarakatan.

4. Kampus tahap 3, fokus aktivitas LDK-nya merupakan Amal ilmi (keilmuan), Fanniy (keterampilan).

by: Ustd. Heri Susanto @Taklim DI, Minggu 29 april 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar